Minggu, 10 Agustus 2014

About Novel~



Post kali ini bahas tentang empat novelku yang lagi open P.O.! Yuk cuss dibaca dengan seksama hehehe

1.       Sayap Patah
Ini sebenarnya adalah The Magic of Little Fairy versi baru gitu. Cerita sama kok, tapi jelas ada banyak perubahan. Untuk saya pribadi sih menurutku lebih ringkas, rapi, dan nggak berbelit-belit. TMoLF terlalu ribet sampai banyak pembaca yang bilang alurnya terlalu lama. Karena itu dirombak ulang lagi. Dari empat novel yang ada, aku paling suka cover Sayap Patah. Nggak tahu kenapa. Mungkin karena ada ‘efek’ oranye yang dominan. Sementara tiga lain nggak. Padahal aku mau semua novelku identic warna oranye. Dan juga untuk pergantian judul, sebenarnya Sayap Patah adalah judul salah satu cerbung IC yang nggak pernah dipost dengan maincast Oik,Cakka,Obiet. Tapi aku ngerasa judul itu cocok buat novel ini. Karena diceritakan Raissa yang dijuluki peri kecil punya masalah dan kehilangan semangat hidup. Jadi ya “sayapnya patah” gitu hihihihi. Selain itu semua, perubahan yang paling mencolok tentu dari harga. Ya karena ini jauh lebih ringkas, sementara yang lama terlalu banyak tokoh yang dieksplor. Sementara Sayap Patah fokus di Raissa dan Farez. Tapi kalau mau tahu cerita lengkap tentang kelas 10-2 ISA, terutama tentang program mereka “soulmate sementara”, kalian bisa beli ebook cerbung Sayap Patah!

2.       Against Dear
Persabatan Musuh Bebuyutan. Aku emang jelek banget nentuin judul karena itu dulu temen2 kelas banyak yg ketawa kalau aku bilang novel keduaku judulnya Persahabatan Musuh Bebuyutan. Mereka selalu komen “sahabatan kok musuhan” “musuhan kok sahabatan” hahaha sampai2 kalimat itu aku masukin di epilog sangking gregetannya. Awalnya mau dikasih judul Versus Dears, tapi entah kenapa kok lebih suka Against Dear gitu. Lebih condong ke Rio sendiri yang “melawan” Acha dan Alvin. Tentu aja bentuknya adalah “cerita novel”. Beda dengan cerbung yang mengeksplor keseluruhan tokoh sampai konflik tambahannya BEJIBUN. Novel hanya terfokus ke cerita utama; persahabatan Rio Alvin, kisah cinta Ozy Acha, dan permusuhan smanra smanhar. Ada banyak banget ‘part’ yang beda. Aku lebih suka Gabriel-Sivia di Against Dear daripada Gabriel-Sivia di PMB. Why? Karena……. Ya baca aja atuh wkwkwk. Untuk AlvinShilla sendiri ceritanya lebih ringkas dan rapi. Tapi tetap dengan “Love and War’s style” mereka. Epilognya beda sama versi cerbung. Aku sih lebih suka versi novel hehehe karena akan diceritakan kisah mereka setelah lulus ^^ Untuk ebook cerbung, aku tetap mempertahankan gaya Fanfiction, jadi nama dan tulisan sama persis kayak di blog. Nggak ada yang dipotong.

3.       Don(u)t Change Too Much
Ini yang paling aku suka dari tiga lainnya. Padahal menurutku ini merupakan ‘jagoan utama’. Tapi kayaknya emang demam PMB belum usai ya. Aku suka cerita ini karena ditulisnya cepet jadi aku revisi juga gampang. Ngalir gitu aja dan tahu-tahu udah tamat. Karena aku emang terfokus satu konflik, nggak kayak ceritaku yang lain yang biasanya emang HARUS ada konflik tambahan. Arin dan Bagas jadi peran utama sepenuhnya. Arin adalah aku, tapi versi aku-yang-aku-inginkan. Karena disini Arin berprestasi di bidang nulis, menang lomba dan segala macam. But, Arin adalah fans berat GABRIEL IDOLA CILIK~ dan dia juga maniak donat. Jadi nulis karakter Arin kayak bercermin aja gitu hahahaha. Ini kisah tentang senior-junior, atau lebih tepatnya senior-brondong. Aku coba buat kejutan di akhir, entah berhasil terkejut atau nggak (?). Arin yang naif dan Bagas yang ambisius, aku coba nulis dengan Bahasa ringan tanpa berusaha memaksimalkan karakter karena aku lebih ingin menonjolkan konflik internal masing-masing. Dimana dua-duanya sama-sama ngerasain first love yang tanpa sadar ngubah mereka. Awalnya judulnya Bersinar. Tapi aku yakin pasti ada novel dan cerita lain berjudul sama. Dan karena aku ingat karakter Arin suka banget sama donat, jadi deh aku buat “Don(u)t Change Too Much”. Seperti permintaan si tokoh utama yang nggak bisa dia sampaikan ke tokoh lawannya. Btw…………… ini bukan cerita curhat ya.

4.       We’re Not Children Anymore
Bagi yang sering ngikutin blog mungkin masih ingat dengan fanfiction yang sering aku omongin tapi belum pernah aku post? Pangeran Salju. Dari awal emang judul FF IC nya adalah “Pangeran SaljuKu” dan versi novel adalah We’re Not Children Anymore. Sebenarnya udah mau aku terbitin setelah TMoLF, hanya aja waktu itu lebih tergoda(?) ke PMB hehehe. Nggak ada yang beda dari versi cerbung. Cuma nama doang. Aku lebih suka versi cerbung sih. Karena aku ngebuat Gabriel ketemu Keke. Couple yang PALING jarang ada. Tapi Gabriel adalah cowok IC favoritku dan ceweknya adalah Keke. Jadi aku justru ngerasa senang saat nulis tentang mereka. Beda kalau nulis Rio sama Keke. Aku jadi nggak pernah capek nulis dan semangat terus sampai saat revisi aku sadar dialog saat Gabriel ketemu Keke selalu banyak dan sebagian besar nggak penting atau nggak terlalu berpengaruh sama cerita utama, jadi aku hapusin hihihi. Aku suka sifat galak si Keke di WNCA bakal cair seketika kalau berhadapan sama sikap kalem Gabriel WNCA. WNCA juga cerita aku yg full love story. Beda kayak Sayap Patah yang nonjolin semangat hidup, Against Dear tentang persahabatan, dan DCTM tentang perubahan diri remaja. Biasanya aku lebih menomorduakan love story di sebuah cerita. Tapi untuk WNCA justru jadi konflik utama dan bener2 full deh tentang lope, lope, dan lope. Tapi aku suka karena aku juga udah sering share di blog tentang FF ini. Aku pernah bahas tentang versi cerbung juga di blog ini walau sekarang udah dihapus sih hehe nih bagi yg nanya2 Pangeran Salju, iniloh ceritanya wkwk

Ayo guys diorder! Untuk novel open P.O. Cuma sampai tanggal 15 ya hehehe sementara ebooknya tiap hari always on (?) Huehehehehe buru atuh sebelum tutup P.O.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar