Rabu, 23 Januari 2013

Di balik Idola Cilik: Gosip atau Fakta?


Heiho! Kali ini aku nggak bawa cerita seperti biasa. Tapi akan BERCERITA tentang opini aku. Just opinion pribadi ya. Ehem.
Readers pasti taulah kalau aku ICL (dari FF IC yang aku buat pastinya). Aku bukan bahas gimana bisa aku jadi bagian acara anak-anak itu. Tapi sekarang aku mau bahas gosip yang sering banget ku dengar dari IC1 dulu. Sebenarnya aku baru tahu di awal IC3, dan bener-bener kayak angin topan secepat kilat kabar itu berhembus ke ICL lain, tapi dengan cepat juga pergi tanpa jejak. Tanpa tahu itu benar atau nggak.
Jadi gini, dulu ada kabar bahwa Idola Cilik itu melakukan: manipulasi sms *jeng jeng jeng* (sound effect ceritanya)
Kata kabar yang beredar, ada sistem 'politik' di balik IC. Jadi, lima besar itu adalah yang punya vokal paling beda. Nah lalu, nanti juara 1 adalah yang kisah sedihnya paling pilu. Juara 2 yang teknik vokalnya paling bagus. Dan juara 3 adalah yang punya polling sms paling tinggi. Kalau juara 4 atau 5 aku belum tahu.
Aku sempat nggak percaya. Tapi waktu itu, awal pentas Idola Cilik 3, ada catatan facebook tentang sikap buruk Rio.  Katanya, Rio itu dulu susah diatur jadi lebih baik (aku nggak ngerti ya pokoknya gitu dah). Nah, terus crew IC tuh bilang "kalau kamu kayak gini terus, kamu nggak akan ada di grand final nanti sama Lintar." Nah loh. Menuju Pentas aja baru selesai kok udah ngomongin Grand Final?
Tapi itu ku anggap hoax aja. Walau kabar itu bener-bener nancap di otakku. Bahwa nanti di GFIC3, ada Rio dan Lintar.
Aku tetep kirim sms. Tetep dukung dan promosi idola di facebook. Sampai... enam besar idola cilik 3. Nah. Ini bener-bener ngejutin banget. Ada 'ramalan' yang bilang gini. Juara lima nanti akan diduetin sama juara lima. Juara 1 dengan juara 3. Waktu di IC2 dulu, Gabriel yang juara 3 IC1 diduetin sama Debo, yang akhirnya jadi juara IC2. Dan Dayat yang juara 5 IC1, diduetin sama Oik yang akhirnya jadi juara 5 IC2. Kejadian tu terulang. Rahmi, si juara 3 IC2 diduetkan sama Lintar, yang memang ternyata jadi juara IC3. Oik, diduetkan sama Ozy.
Karena ini, aku mulai percaya.
Sampai... Grand Final IC3. Sumpah! Aku nggak tahu harus apa. Satu, aku seneng banget Rio masuk Grand Final karena aku dukung Rio. Tapi di sisi lain, aku bener-bener kecewa.
Dan ternyata, salah satu alumni IC1, (ya you know siapa but aku ga mau sebut nama) nulis di status fbnya. Aku lupa apa, pokoknya intinya. Dia bilang acara yang besarkan dia itu sebenarnya sudah diatur. Dan ternyata dia juga posting di blog pribadinya. Sampai-sampai dia juga bilang, cerita sedih yang sering ada di IC itu beberapa hanya rekayasa aja. Shock banget men! Aku ga tahu siapa aja yang rekaya, ku harap bukan idolaku (walau hampir semua adalah idolaku)
Dari situ aku sakit hati banget. Karena Keke. Kenapa? Ya jelaslah aku nggak terima. Keke tuh suaranya bagus banget loh! Tapi masa cuma sampai 13 besar? Kalau emang diatur, harusnya para 'juri' itu tahu bahwa Keke punya potensi. Harusnya dia bisa masuk 5 besar. Ya seenggaknya 6 atau 7 besarlah. Bahkan beberapa ICL juga nerka dia salah satu finalis yang sampai lima besar. Terus juga waktu itu tentang Ray. Agak lucu sebenarnya. Padahal Ray masih ada di pentas, tapi katanya dia gabung sama Icil Band. Loh? Raykan masih harus berjuang, kok udah gabung sama grup IC? Aneh, kan? Dan ternyata, satu minggu setelah kabar itu, Ray out. Dan juga, tentang wildcard. Yang nonton pasti taulah, 'drama' yang terjadi hari itu. Aneh. Itukan acara anak-anak, masa' marah-marah waktu on air sih? Terus juga lebih nggak masuk akal. Dia udah keluar dari stage tapi miknya masih nyala. Kita emang masih kecil, tapi ya nggak sebego itu juga sih.
Tapi anehnya, itu nggak pengaruh sama kecintaan aku sama acara itu. Karena ya... kalau dipikir-pikir, ada baiknya sih. Sekarang gini deh. Kalau pakai polling sms, emang yakin yang lolos dengan kualitas bagus? Apalagi, alumni Idola Cilik kebanyakan bakal di kontrak sama management artis di RCTI. Mereka pasti cari yang terbaik, kan? Dan jangan lupa. Aura Bintang.
Kalau misalnya ngandalin sms, terus yang menang ternyata nggak lebih baik dari yang udah out. Pasti orang berpendapat, 'juara lomba TV tapi kok biasa aja'. Nah, kan? Walau curang, tapi sebenarnya ya... em... ada baiknya (agak nggak ikhlas sih sebenarnya -_-)
Tapi... sekarang 'era' sudah berganti cuy! Ini bukan Idola Cilik yang dulu. Dua tahun vakum, semua berubah.
Aku masih inget banget ucapan Om Gub (bapaknya Cakka Idola Cilik 2) kalau IC mungkin nggak akan ada lagi, tapi kalaupun ada, pasti dengan orang-orang berbeda dibaliknya. Dan bakal banyak yang berbeda. Emang bener, kan?
Produsernya sekarang Opa Jahja (yang di dahsyat ituloh), terus jurinya juga yang tetap ya Mama Ira sama Kak Winda doang. Uncle Jo, Kak Uchie, Kak Tyas, Kak Eva, Kak Maria, dan yang lainnya udah nggak ada. Diganti orang baru. Bukan berarti 'politik'nya akan sama, kan?
Dan yang keliatan banget bedanya. Di IC4 ini lagunya memang benar 'anak-anak' nggak seperti IC-IC dulu yang kebanyakan ngambil lagu bukan porsinya mereka.
Walau sebenarnya, ada dua hal yang masih dicurigai. Manipulasi SMS seperti yang tadi ku jelasin, atau... em... apa ya namanya? Doktrinasi komentator? Eeeeee entahlah. Pokoknya, para komentator akan sengaja mengkritik yang memang harus pulang, dan memuji yang memang harus stay. Karenakan komentar mereka memang berperan dalam polling sms
Seperti aja, salah satu finalis menuju pentas IC4 kemarin, ada yang performnya biasa aja. Tapi kok dapat standing applause? Dan ada yang bagus banget, malah ditepukin biasa aja. Kak Winda bahkan bilang suara dia nyentuh banget. Walau masih dikritik sedikit. Tapi ya kita nggak tahu ya. Lagian para ICL, termasuk aku, hanya orang awam yang nggak ngerti teknik vokal. Ya yang kita tahu itu bagus, itu biasa, itu jelek. Udah itu doang.
Tapi juga ada satu hal lagi. Dulu setiap ada kisah sedih, pasti lebay banget. Dibesar-besarin sampai satu studio nangis. Tapi sekarang kayaknya nggak terlalu deh. Biasa aja. Justru kisah-kisah yang lucu dan gemesin yang dieksplor. Udah keliatan banget bedanya IC dulu dan sekarang.
Mungkin ya karena itu, yang dipilih memang benar-benar orang berbakat, berpotensi, dan punya aura bintang. Waktu audisi ada yang suara bagus, tapi mungkin nggak berpotensi jadi nggak lolos. Lagipula, suara bagus itukan biasa. Yang punya ciri khas baru yang berbeda. Right?
Walau aku masih banyak kecewa sih. Kayak Aren tuh. Padahal suara dia itu baguuuussss banget. Kalau nggak percaya, search di Youtube Aren Nadya yang The Greatest Love of All. Sumpah! Badai banget. Tapi kenapa nggak masuk Pentas IC3 ya? Aura bintang dia punya kok. Anaknya cantik, punya banyak fans. Bahkan waktu itu dia sudah punya Fansclub. Arenation. Lalu apa yang kurang?
Tapi ya... sekali lagi akukan emang cuma orang awam. Bukan pencari bakat seperti crew2 IC yang dulu. Lagian kerja mereka memuaskan kok. Buktinya, banyak pilihan mereka yang sukses, kan?
Jadi setahuku, dari semua alumni IC 1, 2, dan 3, ada beberapa yang punya kontrak panjang. Dari IC1 itu ada Gabriel, Angel, Kiki, Zahra, Ify, Sivia, dan Shilla. Kalau IC2, Debo, Patton, Cakka, Irsyad, Obiet, dan Agni. Di IC3 ada Lintar, Rio, Alvin, Ozy, Zevana, Keke, Ray, sama Deva. Lalu juga yang di kontrak SMN (management MNC) seingatku mereka itu Gabriel, Angel, Kiki, Debo, Patton, Cakka, Bastian, Lintar, Rio, Alvin, Ozy, Ray, Olivia. See? Mereka banyak yang udah sukses, kan? Ify sama Sivia ada di Blink. Shilla solo karier (dulu sempet jadi member Blink). Angel sama Zahra solo karier juga. Gabriel hampir keliling Indonesia karena pelayanan gereja. Debo jadi pemain sinetron dan juga penyanyi. Cakka punya The Finest Tree. Obiet udah ada album. Ray main sinetron. Bastian masuk coboy junior. Nah. Para crew IC dulu emang nggak salah pilih, kan?
Jadi ya... walau kecewa. Harusnya kita juga berterima kasih sih. Karena mereka kayak membuka jalan lebar untuk para idola itu. Dayat sama Sion juga loh. Walau mereka nggak dikontrak panjang tapikan dulu mereka juga bagian IC. Yang sekarang jadi anak boyband.
Kalau ada yang nanya kenapa aura bintang itu dibutuhin, ya karena ini nih alasannya. Para alumni Idola Cilik itu adalah enternaint.  Mereka harus punya aura bintang untuk selalu eksis. Ada yang bilang tampang nggak penting. Siapa bilang? Kita pilih Daud aja. Daud itu suaranya kece banget loh! Tapi apa dia dikontrak panjang? Nggak, kan? Apa fansnya membludak kayak Rio atau Alvin? Hm...
Nggak usah muna deh. Pasti kita liat artis tuh awalnya dari muka, penampilan, baru deh suara sama kualitasnya. Aku liat Gabriel awalnya juga gitu. Aku awalnya liat dia imut banget (dulu Gabriel di IC1 masih imuuttt banget, lah sekarang? --") baru aku tertarik mau denger suaranya sampai selesai nyanyi. Jadi ya, 'politik' IC yang dulu ada benernya sih.
Terserah deh sekarang kalian mau tetep sms atau nggak. Tapi ku saranin ya sms aja, dukung sebagai fans yang baik terhadap idolanya. Akunya sih... sampai saat ini belum sms. Ya... hehe. masih sakit hati masalah Keke cuy. Bener deh. Aku dulu sampai beli kartu baru, karena dulu katanya kalau pakai bonus dari kartu tr* bisa dikirim ke 6288, sementara bonus kartu lain nggak. Dulu aku pernah sms buat Keke, dan Keke out, aku gantian tiap Minggu sms buat Alvin. Kadang ke Rio sama Ozy juga. Tapi ternyata.... </3
Semoga sih IC kali ini nggak. Perasaanku sih bilang kayaknya nggak. Karena Alsa, si jagoannya Mama Ira, justru out. Padahal kalau emang pake sistem 'politik' harusnya Alsa stay, kan?
Nah. Ngomong2 IC4, aku cukup salut sama diriku(???) hehe. Ya karena, tiap hari di menuju pentas, feelingku bener terus men! Aku bahkan udah duga siapa aja yang masuk 15 besar. Dan benar. Ya... walau ada satu yang salah. Novi itu awalnya ku prediksi ditempati Arya. Waktu menuju pentas minggu terakhir grup2, ada Cindai, Ocha, sama Arya. Aku udah punya feel aja Arya bakal out karena Cindai tuh pasti lolos, sementara Ocha banyak yang suka karena gemesin. Walau aku masih berdoa semoga Arya masuk. Tapi... Hufffttt ya begitulah ya.
Ada yang nanya ke aku, apa tertarik untuk nulis FF dengan tokoh IC4? Hm... ada sih. Tapi temanya pasti persahabatan. Karena... mereka tuh masih kecil banget bro! Kalau IC yang dulukan, masih seumuran sama aku. Ya masih panteslah. Lah ini? Bedanya empat tahunan lebih -_- bahkan ada yang beda tujuh tahun ._.
Jujur sih, aku masih tetep nonton IC4 karena nunggu alumni IC hahaha. Agak beda ya sama menuju pentas IC3 dulu. Kalau dulu para alumni pada nongol, lah ini kaga ada. Cuma Angel, Cakka, sama Ray doang (itupun karena mereka dikontrak SMN --") Debo sama Patton aku yakin pasti nongol nanti. Lintar juga. Nah. Masalahnya ini si Rio. Angel udah nongol, Patton udah, terus runner up IC3 kok nggak? Tapi sih katanya Rio udah di Jakarta loh. Entah tampil IC atau kaga. Ya kita doakan aja.
Dan kalau ada yang nanya gimana nasib grup IC dulu... Hm... cukup mengenaskan(?) karena gini deh. Banyak sudah alumni IC yang putus kontrak dan gabung sama management lain. Ex: Icil Diva. Padahal Icil Diva semuanya dikontrak panjang, tapi yang masih kerja sama dengan management MNC cuma Zahra sama Angel. Dan yang nongol kayaknya ya emang mereka doang. Sivia, Ify, sama Shilla udah ada di management beda. Bahkan mereka jadi artis TV lain. Super Idola Band? Hm... Kalau Ray, Gabriel, Debo, sama Alvin mungkin bakal ada. Tapi yang lain? Entahlah. Ify ada di Blink, Cakka ada di Finest Tree. Zeva sama Agni nggak ada tanda-tanda bakal nongol di IC (walau ada kemungkinan juga sih). Kalau Icil Divo... Nah. Ini nih yang dinanti-nanti. Tapi ya gimana cuy? Mungkin Icil Divo emang cuma tinggal nama (KYAAAAAA TIDAAAAKK T___T) Ya kita berdoa ajalah semoga mereka bisa tetep ada di GFIC4 nanti. Semoga kayak GFIC3 dulu ya. Permintaan ICL diturutin. Rio sama Ify, Gabriel sama Sivia, dan Shilla sama Alvin. Di  GFIC4 nanti semoga ada couple kayak gitu juga. Misalnya, Gabriel sama Aleastri *eeeee
Untuk aku pribadi sih, aku mau Super Idola Band ada lagi. Udah itu aja nggak neko-neko kok. Ya pokoknya Gabriel sama Ify nongol gitu. Em... terus juga RODAR deh adain juga. Hahaha. Dan buat grup untuk CRAG pasti kece badai loh. Terus acapella idolanya jangan dianggurin. (hm... oke, ini mah bukan nggak neko-neko namanya ya haha) Si Keke juga harus ada di IC lagi nggak mau tahu!!!!
Kalau untuk ICL lain, maunya siapa yang nongol? mention opa_jahja aja :p

bbye ;)
@aleastri

10 komentar:

  1. aku setuju sama pendapat kamu tentang keke :)

    BalasHapus
  2. terus juga tetang arya, menurut aku sih suara arya ga kalah bagus sama kontestan lain. trus juga suara fattah. fattah itu sama kaya keke udah di prediksi masuk 5 besar tapi nyata nya hanya sampai 11 besar. dan hal yg sama pun terjadi sama rafli :)

    BalasHapus
  3. aku setuju banget sama kamu tentang arya :)

    BalasHapus
  4. Kak Alee, itu tuh gosip sejak IC berapa?
    #AnakKecilNanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku taunya pas IC 3. Tapi katanya sih dari IC 1 begitu

      Hapus
  5. kok gk ka rahmi yg juara 1, suarany bgus,smsny tinggi , 'politik' jg cocok bwt jd juara 1

    BalasHapus
  6. oh tidak saya baru tahu...
    makasi infonya ya

    BalasHapus
  7. Sumpah ini sepemikiran sama saya

    BalasHapus
  8. hahaha iya inget bgt waktu ic3 dapet susunan urutan keluarnya kayak mana, eh sama persis kayak di kertas yg di sebarin itu ckck

    BalasHapus