Kamis, 27 Oktober 2011

Cerita di balik Cerita



Ehem. Terserah kalian mau baca ocehan nggak jelas ini atau gimana. Yang jelas aku mau ngomong sesuatu. Ya... semacam 'cerita di balik cerita'. Haha.
Oke, Bukan Cerita (cinta) Biasa atau biasa di singkat BCCB adalah cerbung pertama aku. Eh, ulang.
CERBUNG PERTAMAKU.
*jengjengjengjeeengg*
Sebenarnya, dari dulu emang suka ngayal cerita. Tapi nggak pernah di tuangin ke tulisan. Cuma punya satu cerpen doang. Pernah coba nulis, tapi ceritanya nggak pernah kelar.
Nah, pas udah ketemu sama yang namanya idolaciliklovers.ning.com , hidupku berubah (?). Di sana, udah bagaikan sekolah. Banyak banget pelajaran. Pelajaran untuk debat, nerima kritik, persaudaraan, edit-edit gambar, banyak deh. Dan terutama pelajaran hidup untuk hargain orang lain. Sampai, jadi keranjingan fansite itu. Terus tiap harinya baca FanFiction yang kece-kece. Dan memutuskan... Gimana kalau aku ikut buat cerbung juga?
Nah. Aku ambil salah satu diaryku dari setumpuk diary yang ada. Di diary itu, halaman belakangnya ada cerita yang belum tamat. Judulnya, 'Cinta itu rumit'. Aku baca ulang. Dan kayaknya cocok. Waktu itu lagi seneng banget sama OKE alias Rio Keke. Jadi udah fix mau jadiin mereka peran utama. Lalu, dari dulu couple favorit itu Caik sama IDF. Jadi mereka juga harus ada. Dan... karena waktu itu Ocha lagi heboh-hebohnya, jadi berminat masukin ocha. Sempet pusing juga, mau jadiin mereka peran yang mana. Dan akhirnya, terpilihlah (?) Oik, Keke, serta Acha jadi tiga sahabat yang jadi peran utama dalam FanFiction ini.
Lalu, sepanjang nyalin tulisan di diary ke laptop, sempet iseng juga baca-baca diary pas kelas satu sampai kelas dua smp -_- dan entah mengapa sering mendapat ilham dari sana. Alhamdulillah sih ya.
Oke. Kita balik ke BCCB. Langsung aja nggak usah bahas perjalanan panjangnya. Karena pasti nggak bakal cukup. Jadi baca aja prev post ku di blog ini.
Sekarang kita bahas part-part yang menurut aku pribadi, part paling... em paling... ya palinglah pokoknya.
Part 3 = perkenalan awal Gabriel! Hahaha. Dan kalimat Rio yang selalu aja aku ingat di part ini 'Awalnya emang sok akrab. Tapi lama-lama juga akrab kok.'
part 7 = Lagi lagi, karena ada GABRIEL. Hahaha. Ada pembaca yang protes sama penggambaran Gabriel di sini. "Gabriel-si-cakep-keren-nan-menawan-sang-pujaan-hati." Huahahaha. Maksa amat ye?
Part 9 = menurut aku sih.... THE BEST PART! yeah! Part ini emang khusus buat IDF sama OkeLovers. Karena waktu itu, aku juga sering mampir ke fs mreka. dan anaknya rame2. Di part ini, munculla panggilan 'jerapah dan kutu'. Haha. Dan alhamdulillahnya lagi nih, banyak yang muji part ini. Dan karena part ini, readers bccb makin meningkat :'D
Part 16 = Ini part paling... melelahkan -_- ngetik RT RT sama usernya ituloh. Apalagi usernya si Keke. Kekekakokiku. Rumit amat yak -____-
Part 20-21 = Ini part paling.... nyesek. Jleb bangetlah bacanya. Jujur nih ye, awal ngetik aja aku nggak sanggup nerusin -_- tapi harus tetep prof dan akhirnya selesai juga. Walau berat banget rasanya. Ngerasain bangetlah jadi Ozy. Hiks. Eh tapi... sebenarnya itu pengalaman pribadi sih *eh. Haha. Di salah satu halaman diary ada tuh. Wktu si 'ehem' di tembak sma cwo idolanya. Pdhal sbenarnya dia nggak suka, eh... tapi malah tetep di terima. Ckckck. #inicurcol
Part 24 = ini part yang bener-bener... menyesekkan saya secara pribadi -_- karena pernah ngalamin jadi Keke. Gimana rasanya di sakitin terus di tinggal, eh... tapi malah datang lagi bawa harapan. Apa nggak sialan tu cowok!? <--- #curcollagi
Part 25 = Nah. Kalau yang ini, pengalaman temen. Hihihi. Pas lagi asik-asiknya main berdua, eh... malah datang si pengganggu -_- entah mengapa di part ini rada kesel ya sama si Gabriel.
Part 26 = Lagi lagi, penulis sialan ini ngesiksa ocha. Di part ini, bener-bener frustasi sendiri. Gimana nasib keduanya nanti. Gregetan banget sama Acha yang baru nyadar :''
Part 28 = Keke udah mulai ngerasa jealous. Cuitcuit (?) Dan... ya kalau ada yg baca ocehan penulis di akhir crita, pasti tahulah ya. Yang bagian ocha itu... pengalaman pribadi LAGI.
Part 29 = suka banget sama kata-katanya si Rio. Nancep gitu. Berasa dah jadi Keke. Karena... pernah ngerasain -____-
Part 30 = Ini part paling... 'cowok banget'. Ternyata baru ketahuan kalau Gabriel itu tulus sama Acha. Dan betapa baiknya Gabriel :') sempet tegang waktu Gabriel ketemu Ozy. Bah bah bah bah. Mantep bener ya jadi Acha.
Part 32 = part paling.... GREGETAN! Sumpah ya. Rasanya pengen ngejitak kepalanya si Rio. Udah di kasih kesempatan malah pake' acara tas ketinggalan segala. Yaolloh ay. Dan di sini, di kasih liat betapa tulusnya Ify ke Debo :')) Dan kata2 Debo yang , "Kita akan membenci kalau terluka. Akan di benci kalau melukai orang lain. Tapi karena mengetahui penderitaan itu, kita tidak ingin melukai hati orang lain lagi…" sebenarnya itu di dapat dari... komik Naruto! Yeah!!! (??)
Part 33 = ini part paling... KYAAA KYAAA KYAAA. Karena pas baca ulang, baru sadar ya para penonton Harmoni itu pita suaranya terbuat dari toak semua. Teriak-teriak mulu. Tapi tapi tapi, saya suka part ini. Apalagi the CRAGnya itu :3
Part 37 = Part paling.... KECE!!!! Karena jujur, part ini emang favorit banget. Jadi penutup yang lezat :9 (bagi aku sih ya) Pengen deh suatu saat nanti di tembak cowok pake' cara itu. Hahahaha.

Oke. Sekarang, mau bahas tentang tokoh ya.
Suka pake' triple 'banget' sama tokoh Rio di sini. Dia itu... tipe gue banget >.< Anaknya pecicilan, ganteng, most wanted, supel, bawel, nggak bisa diam, narsis, tapi... JAIM SEKALEEE. Udah berkali-kali dia mentingin gengsi sendiri. Sampai sempet di singgung sama si Deva. Hahha.Mampus lo! (?) Dan yang paling di suka, kadang di beberapa part, Rio malah bisa bersikap dewasa. Kayak di part 9, part 29, part 33, dan part akhir 37. Hebat bangetlah si Rio ini.
Keke. Oke. Tokoh satu ini punya karakter paling kuat (menurutku sih) juteknya nggak pernah ilang dari awal cerbung sampai mau ada kata the end masiiiihh aja galak. Si Keke di sini, 'gue banget' lah. Lebih tertutup dan nyimpan masalah sendiri. Malah lebih sering mendengarkan daripada bercerita. Dia selalu galak dan jutek, padahal buat nutupin betapa rapuh hatinya karena patah hati. Ngerasain bangelah pedihnya. Nyesek aja gitu (em... oke. Ini saya kenapa jadi curcol -_-)
Acha. Telmi  yang kadang kambuh kadang nggak. Acha hampir sama kayak Rio, sok jaim. Padahal udah jelas-jelas ngerasa jealous, tapi tetep teguh bilang kalau nggak ada rasa. Ckckck. Terus, si Oik. Em... karakternya sih... biasa ya. Kayak cewek kebanyakan gitulah. Tapi dia yang paling sabar dan pengertian. Terus juga pasti yang paling semangat ngolokin orang -_- . Dan kemudian Ozy. Anaknya nyablak, asal ceplos, narsis, nggak bisa diam. Tapi sebenarnya dia juga polos. Dan juga sayaaanggg banget sama Acha. Pengen deh punya cowok yang tulusnya kayak Ozy :'))
Oke. Sekarang bahas... Gabriel. Em... sadar sih. Emang terlalu lebay ya. Hahaha. Di sini, Gabriel itu di kenal ketua osis yang playboy. Tapi tapi tapi, dia jadian sama Acha bener-bener karena sayang. Sebenarnya, dari awal Gabriel dah tahu tentang Ozy Acha, tapi cuma diam. Dan baiknya dia, waktu Gabriel ngalah. Ah... to twit :') sempet meleleh (?) waktu bayangin percakapan serius Gabriel sama Ozy. Manteepp.
Di sini ada satu kelemahan. Ify. Mungkin karena terlalu ngefansnya, jadi nggak tega ngasih Ify peran jahat sedikit aja. Aslinya ni anak kalem sih, jadi agak susah. Dia itu cewek perfect banget di bccb. Udah cantik, pinter, jago musik, suara bagus, kaya, ramah, dan tulus banget hatinya. Ini salah banget. Sesempurna apapun manusia, pasti ada titik lemahnya juga. Dan di bccb, aku belum nampilin banget kelemahan atau kekurangan Ify ._.v
Masih ada yang lain sih. Tapi cuma orang-orang di atas aja yang mau saya bahas. Maaf --v

Sebenarnya, awal nyelesein bccb, nggak percaya banget. Hei! Aku nyeleseikan cerbung! Aku udah punya cerbung! Cerbung yang ada kata tamatnya. BCCB bener-bener cerbung pertama sekaligus FanFiction pertamaku. Awalnya sih agak berat ninggalinnya. Tapi, setelah bccb, cerita-cerita lain muncul satu persatu. Dan alhamdulillah banget, sekarang punya banyak cerbung :D makanya, sayang banget sama cerita ini.
Sebenarnya ada rencana mau buat "bukan cerita (cinta) biasa II" dan juga "bukan cerita (cinta) biasa extra story". Draft ceritanya udah ada. Tinggal ngetik aja. Di yang kedua, lebih fokus sama persahabatan Keke, Oik, dan Acha. Konflik asmaranya sih lebih ke caik. Soalnya di bccb mereka nggak trlalu di shoot (?). Dan di bccb II rencananya bakal lebih banyak nampilin mereka. Tapi konflik yang ada sebenarnya lebih ke ocha. Dan ada beberapa tingkah oke yang bener-bener... buat envy banget :'')
Di extra story, nantinya, sepenuhnya lebih bahas tentang oke. Asem manis cerita mereka. Jujur sih, saya emang lebih sayang oke daripada couple lain. Karena oke itu... punya cerita paling rumit. Dan jadi penyebab utama kenapa judul ceritanya "bukan cerita (cinta) biasa". Karena menurutku, ada tantangan sendiri kalau udah nulis tentang Rio sama Keke.
Eh tapi tapi tapi. Dua cerita itu nggak di post dulu :D Di simpan rapi dan di selesein bener-bener. Kalau udah bener dan agak bagus, baru bakal usahain di post. Ocre? ;)

Inti dari postingan ini sih, sebenarnya bertujuan untuk beri tahu beberapa hal sama penulis pemula atau author-author baru.
Pengalaman pribadi itu sebenarnya bisa di ceritakan kembali jadi lebih indah lagi dan menjadikan sebuah kisah yang menarik. Usahain agak nambah sana-sini agar kreatifitasmu itu ada. Dengarkan juga kalau ada yang cerita. Kisah orang lain itukan juga bisa jadi bahan tulisan. 
Jangan pernah lelah mendengarkan! Jangan pernah berhenti memerhatikan! Dan jangan pernah bosan untuk mencoba merasakan! Itu tiga hal yang aku tanamin terus untuk tekad aku sebagai seorang penulis (amin ya Allah jadi penulis)
Terus, terima kritik. Apapun itu. Walau, emang ada beberapa pengritik yang kata-katanya pedes dan frontal abis. Tapi, justru komentar yang kayak gitu yang kece. Ada tekad gitu jadinya, yang bilang, "Siapa bilang aku kayak gini? Nggak kok. Aku pasti bisa baikin semua dan berbuat lebih lagi!". Nah. Itukan jadi motivasi. Makanya, kritik itu di butuhkan banget untuk bekal penulis.
Jangan pernah pesimis sama karya sendiri. Belum post aja udah bilang "Karyaku jelek," "karyaku nggak pantes di terbitin," "aku pasti nggak ada apa-apanya sama cerita yang lain," . Aduh masnya... kapan bakal maju kalau gitu mulu? Jujur ya. Sewaktu bccb di ning, pembacanya itu cuma... 2 orang! Dua orang! Bayangin, dua orang! Itu down banget. Aku ngerasa karya ku itu karya paling jelek dan nggak pantas di ning. Apalagi FanFict2 di ning itu keren2. Tapi... aku bukannya ninggalin bccb. Aku malah terus nyeleseiin sampai akhir. Karena, itu udah jadi tanggung jawabku. Aku udah mulai, dan aku juga harus nyelesein ini. Sampai... ning di tutup. Aku nggak tahu harus ngepost dimana. Dan akhirnya, ada pembaca (yg ternyata udah baca bccb tapi nggak pernah komen) ngusulin ngepost ulang di note fb. Aku setuju. Walau sempet malu. Nanti temen-temenku juga baca dong? Teman-teman sekolahku? Kakakku? Dan yang lain?
Tapi... sekali lagi aku ingat ada yang nunggu ceritaku. Walau itu cuma satu orang. Jadi aku setuju aku post di fb. Dan........ ALHAMDULILLAH! Bener-bener sujud syukur deh. Respon positif! Yang nyambut banyak! KYYAAA!!!
Nah. Dari sini kita harus bisa nyerap pesan kehidupan. Tanggung jawab itu adalah kewajiban. Kalau kita udah berkomitmen untuk nulis cerita, kita juga harus nyelesein cerita itu. Selama apapun itu. HARUS SELESAI. Walau yang baca nggak ada sekalipun, kita harus tetap tanggung jawab!
Dan, yang ini yang tidak boleh di contoh dari saya ya. Yaitu... TIDAK DISIPLIN. Yap! Penulis sialan ini emang nggak pernah disiplin. Janjinya minggu depan, eh... malah bulan depan. Alasannya panjang banget jadi nggak usah di bahas. Tapi sekarang, jadi harus lebih disiplin lagi! Doakan ya!! Hehehe.
Oh ya. Sebuah kekreatifitas juga bakal datang kalau kita selalu mendengarkan, memerhatikan, dan merasakan. Entah mengapa itu jadi pedoman saya dalam menulis. Kalau mendengarkan, bakal banyak banget hal-hal yang kita ingat. Dan hal-hal itu lebih gampang di ingat kalau kita tahu lewat telinga. Memerhatikan, kalau terjadi satu masalah, perhatikan lebih detail. Kenapa masalah itu bisa terjadi? Dampak positifnya apa? Dampak negatifnya apa? Terus, memerhatikan suatu tempat. Ingat loh, penggambaran latar itu cukup penting. Kalau merasakan, saat ada seseorang yang bercerita, rasakan. Coba berpikir gimana kalau kamu jadi dia. Apa yang kamu lakuin? Apa yang mau kamu katakan? Nah. Semua itu bisa kamu tuangin ke tulisan.
Tapi, jangan lupa juga buat rajin baca. Biar pengetahuan lebih luas. Rajin nonton tv biar update. Rajin browsing2 juga. Insya Allah, tulisan bakal selesai.
Dan yang terakhir, yang selalu di ingat. Selalu bersyukur. Ya. Kalau udah nyelesein satu part, selalu bilang, "Alhamdulillah akhirnya nyelesein juga." Kata salah satu temanku, "Walau kamu dapat hal buruk, kamu harus selalu bersyukur. Karena Tuhan akan memberikanmu lebih lagi kalau kamu terus bersyukur." Nah. Jadi, kalau kita bersyukur karena udah bisa nulis sebuah cerita, insya Allah, nanti Allah bakal kasih kita ide cerita lebih banyak lagi. Jadi cerita yang kita punya bakal lebih banyak lagi. Ye nggak? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar